2 Program Kegiatan Kampus Merdeka, Untuk Mengembangkan Diri Mahasiswa. -->

Header Menu

2 Program Kegiatan Kampus Merdeka, Untuk Mengembangkan Diri Mahasiswa.

Patris Trikora
Selasa, 22 Juni 2021

 

Sumber: google.com

Kupang- Suarakarumput.com-- Jangan sia-siakan waktu anda selama masih berada di bangku perkuliahan untuk mengembangkan potensi diri dan menambah pengalaman anda.

Melalui program Kampus Merdeka, Pemerintah kembali memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menggali potensi dirinya dan menambah pengalaman di luar kampus.

Melalui Akun instagram resminya, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi ( Ditjen Dikti) Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi memberikan informasi tentang apa saja program Kampus Merdeka yang bisa diikuti Mahasiswa.

Ada dua program yang bisa diikuti Mahasiswa dari berbagai jenjang pendidikan tinggi dan masih dibuka hingga saat ini. Berikut rangkuman program Kampus Merdeka berdasarkan Instagram resmi Ditjen Dikti.


Program Kampus Mengajar ini bisa menjadi wadah bagi Mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri di luar kampus dengan membantu pembelajaran di jenjang SD dan SMP selama 6 bulan ( satu semester).

Bagi mahasiswa yang memiliki minat tinggi di dunia pendidikan bisa mengikuti program Kampus Merdeka, Kampus Mengajar ini.

Kemudian Persyaratan yang perlu diperhatikan oleh mahasiswa adalah sebagai berikut :
  • Mahasiswa S-1 dari seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia yang berada dibawah naungan Ditjen Dikti Kemendikbudristek dan sudah terdaftar di PDDikti.
  • Mahasiswa Aktif Minimal Semester 5 pada semester gasal 2021/2022
  • Memiliki IPK minimal 3,00 dari skala 4,00.
Pendaftaran dibuka mulai 15 Juni- 30 Juni 2021 di laman https://kampusmerdeka.kemendikbud.go.id

PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA

Anda mungkin merasa jenuh dan bosan dengan suasana di kampus anda sendiri dan penasaran dengan situasi ataupun proses pembelajaran di kampus lain. Jika demikian, anda bisa mendaftarkan diri anda pada program Pertukaran Mahasiswa Merdeka yang diadakan Ditjen Dikti Kemendikbudristek.

Adapun tujuan dari program Pertukaran Mahasiswa Merdeka ini adalah untuk menyediakan program belajar lintas kampus dan lintas budaya.

Mahasiswa diharapkan mampu mengeksplor dan mempelajari keragaman negeri kita ini.
Selain itu, anda juga bisa menjalin hubungan pertemanan dengan mahasiswa dari kampus lain dari berbagai daerah dan memperkuat kompetensi akademik melalui perogram ini.

Persyaratan untuk mengikuti program ini adalah sebagai berikut:
  • Mahasiswa Aktif semester 3, 5 dan 7
  • Mahasiswa aktif non-vokasi dari perguruan tinggi dibawah naungan Kemendikbudristek
  • Memiliki IPK minimal 2,75 dari skala 4,00 ( dibawah 2,75 harus melampirkan sertifikat prestasi minimal tingkat provinsi)
Pendaftaran dibuka sejak 14 Juni- 27 Juni 2021.

Untuk informasi lebih lengkap silahlan kunjungi laman https://kampusmerdeka.kemendikbud.go.id