Cara Mengatasi Efek Samping Vaksin Covid-19

    ilustrasi

Suarakarumput.com- Mengalami beberapa efek samping setelah disuntik Vaksin Covid-19 adalah hal yang normal terjadi. Hal itu disebabkan karena tubuh sedang memberikan respon terhadap vaksin yang telah disuntikkan ke dalam tubuh.

Normalnya, efek samping sesudah di vaksinasi akan hilang satu sampai tiga hari. Bahkan mungkin beberapa orang tidak merasakan efek samping apapun.

Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meredakan efek samping yang biasa timbul setelah divaksin Covid-19.

Efek samping lokal

Efek samping lokal adalah efek samping pada lengan bagian yang disuntikkannya vaksin. Efek samping lokal yang umum terjadi dirasakan nyeri, pegal, kemerahan, dan bengkak.

Untuk mengatasi efek samping tersebut bisa dilakukan beberapa hal. Pertama, Memakai handuk dan mencelupkannya ke dalam air dingin, lalu menempelkannya pada bagian lengan yang telah disuntik vaksin. Ini untuk meminimalisir rasa sakit dan mencegah bengkak.

Selain itu, penting untuk terus menggerakkan tangan seperti beraktivitas dan berolahraga ringan. Ini membantu untuk mengurangi pegal dan bengkak pada lengan yang divaksin.

Efek samping umum

Efek samping umum adalah efek samping yang timbul dan dirasakan di seluruh tubuh. Efek samping umum akibat vaksin Covid-19 cukup banyak, seperti kelelahan, sakit kepala, nyeri otot, menggigil, demam hingga mual.

Untuk mengatasi dan meredakan efek samping tersebut, hanya perlu meminum obat yang dibeli dari apotek tanpa resep. Contoh obat yang bisa diminum yaitu parasetamol dan ibuprofen. 

Obat-obatan tersebut bisa mengurangi atau menghilangkan gejala atau rasa tidak nyaman yang timbul sesudah divaksin. Tidak direkomendasikan untuk meminum obat sebelum menerima vaksin untuk mencegah efek samping yang timbul setelah divaksinasi.

Untuk meredakan efek samping demam, dengan perbanyak minum air putih sehingga mencegah dehidrasi. Disarankan juga untuk mengenakan pakaian yang tipis dalam mencegah panas terperangkap di dalam tubuh.

Lalu, disaat mana harus ke dokter?

Walaupun reaksi yang dijelaskan merupakan reaksi normal tubuh, ada beberapa kondisi dimana reaksi tubuh tak normal. Jika reaksi pada tubuh berlebih dan tidak normal, seperti kemerahan atau nyeri pada bagian yang disuntik vaksin semakin membuntuk setelah lebih dari 24 jam. Dan juga jika efek samping yang disebutkan tadi tidak mereda walau telah berlangsung beberapa hari. Maka segera hubungi atau konsultasi ke dokter.