Internet Sebagai Aktualisasi Hobi


Penulis: Alkuin Meydalyan

            Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) sangat cepat. Dari waktu kewaktu selalu mengalami peningkatan dan semakin canggih. Salah satu yang dengan cepat mengubah dunia ini adalah kehadiran internet sebagi buah dari iptek itu sendiri. Hadirnya internet menjadikan segala bentuk dan proses yang dilakukan secara manual diubah menjadi digital sehingga segalanya menjadi serba digitalisasi. Seiring dengan itu, manusia saat ini hidup disuguhkan dengan segala kemudahan dalam mengakses dan memperoleh berbagai informasi.  Informasinya diperoleh dengan cepat. Bahkan tidak ada sekat lagi soal informasi. Peristiwa yang ada dibelahan bumi lain dapat diketahui dengan sangat cepat tanpa memperhitungkan soal jaraknya lagi.

            Internet hadir dan mempersempit ruang gerak manusia. Kahadiran internet membuat dunia ini sangat kecil dan bahkan sempit. Segalanya dipersempit dengan banjirnya berbagai informasi. Selain kemudahan dalam mendapatkan informasi, internet menjadi alat baru yang mempermudah segala pekerajaan manusia. Internet mampu menyeimbangkan segala hal, mulai dari hal-hal yang mudah bahkan sampai pada hal-hal yang sulit sekalipun. Melihat fenomena soal internet mempermudah pekerjaan manusia, internet menjadi kebutuhan dasar bagi lapisan masyarakat tertentu. Hal itu disebabkan karena banyak diantara lapisan masyarakat menggantungkan sumber hidupnya dari internet. Yang dimaksudkan disini adalah mendapatkan penghasilan mulai dari pendapatan harian, mingguan, bulanan, bahkan setiap saat diperoleh dari internet.  Sehingga tidak jarang banyak orang-orang atau masyarakat tertentu mengeluarkan biaya yang besar untuk mendapatakan layanan internet yang bagus dan cepat.

            Kehadiran internet kini menjadi ladang mata pencaharian yang baru. Kehadiran internet memicu segala usaha dan kreativitas manusia yang membuat usaha, kantor dan perusahaannya secara online melalui internet. Segala ide, gagasan dan kreativitas diaktualisasikan melalui internet. Hal ini dapat kita lihat saat ini, banyak anak-anak bangsa yang beralih menjadi youtuber yang sebagaian diantaranya mendapatkan penghasilan yang bombastis. Kemudian perusahaan penyedia jasa website seperti rumahweb.com dan hostinger.com dan masih banyak lagi perusahaan yang bergerak diberbagai bidang dengan memanfaatkan jaringan internet.

Internet kini menjadi rumah untuk mengaktualisasi hobi. Dengan internet, hobi bisa dikembangkan dan menghasilkan pendapatan sendiri. Hobi yang dimiliki dipoles dengan sedemikian rapi dan sekreativ mungkin untuk menarik perhatian warganet. Karena secara sistem semakin banyak yang tertarik semakin besar pula pendapatan yang diperoleh. Bagi pemula pekerajaan di internet memang sangat sulit apalagi kalau pemahaman soal internet sangat rendah bahkan tidak tahu apa-apa. 

Menurut saya internet dapat dipelajari dengan internet. Segala sesuatu yang ada dalam internet dapat dipelajari dengan internet itu sendiri. Namaun pertanyaannya, apakah kita mampu belajar sendiri?

            Kehadiran internet memang mempermudahkan segala pekerjaan manusia. Namun dilihat dari sisi baik dan buruknya internet juga mampu merusak budaya dan kearifan lokal. Karena kehadiran dan kemudahan mengakses informasi manusia menjadi manusia individualis. Manusia hanya memantau dunia hanya dengan internet. Segala perkembangan dan kemajuan dunia hanya di pantau melalui internet. Hal inilah yang membuat manusia hidup menyendiri dan lupa akan keberadaan nya sebagai manusia yang semestinya adalah bersosialisais dengan manusia lain. Selain menjadi manusia yang individual, manusia dengan segala kearifan lokal yang lebih condong ke budaya perlahan kini memudar dan bahkan suatu saat akan menjadi pajangan pada monumen dan bahkan akan menjadi hal yang tidak laku lagi. Karena manusia saat ini hidup dengan pola dan cultur baru yang dengan sendirinya lahir dari seiring dengan perkemabangan zaman dengan segala  kecanggihannya saat ini. Ironisnya, kehidupan yang lama akan ditinggalkan dan dianggap kuno sedangkan semua manusia menginginkan kehidupan yang modern. Tidak dapat di elak ini adalah dampak buruk dari kehadiran internet saat ini, yang menyuguhkan manusia dengan segala kemudahannya.

            Kehadiran internet sebagai ruang aktualisasi hobi merupakan hal yang baik dalam memanfaatkkan internet itu sendiri. Dengan kehadiran internet segala potensi dapat dikembangkan. Seperti hobi menulis bisa diaktulisasikan dengan membuat blog pribadi, menyayi dengan cara membuat channel youtube, menggambar dan fotografis dengan cara menjualnya di shhuterstock contributor internet dan masih banyak peluang dengan internet.