Viral, Bupati Bulukumba Tendang Ban Yang Dibakar Mahasiswa Pendemo

Sikap berbeda di tunjukkan oleh seorang Bupati asal Kabupaten Bulukumba Provinsi Sulawesi Selatan saat di Demo oleh mahasiswa dari Persatuan Mahasiswa islam Indonesia (PMII)

Bupati Bulukumba saat berada di tengah-tengah pendemo
dan menendang Ban yang hendak di bakar Mahasiswa

Videonya meladeni para Pendemo pun Viral di media sosial dimana Bupati bernama Andi Muchtar Ali Yusuf atau yang akrab di sapa Andi Utta menendang Ban yang di bakar Mahasiswa Pendemo hingga memicu kericuhan.

Aksi itu terjadi saat Andi Utta di Demo oleh kumpulan mahasiswa yang menuntut Kinerjanya selama 100 hari kerja sebagai Bupati Bulukumba.

Andi Utta yang Geram melihat banyak Mahasiswa datang mendemonya langsung berjalan ke tempat mahasiswa yang melakukan Aksi untuk mengajak berdialog, namun di tolak.

Kemudian, Dia lalu mendekat di kerumunan tempat mahasiswa hendak membakar sebuah Ban sebagai bagian dari aksi menuntut Kinerja selama 100 hari memimpin Bulukumba tersebut.

"siapa ini yang bakar ban," Ujar Bupati Andi Utta sembari menendang Ban yang di bakar mahasiswa di tengah aksi demonya

Sikap Andi Utta yang seperti tidak menerima baik aksi demo tersebut sempat membuat mahasiswa bereaksi sehingga kericuhanpun takterelakan

Terlihat dalam Video, kericuhan terjadi antara mahasiswa dan Sat Pol PP. Polisi yang berjaga di lokasi lalu berusaha meredam dengan cara memisahkan pihak-pihak yang bertikai namun tetap kelihatan kewalahan.

Terkait Insiden tersebut, Ketua Cabang PMII Bulukumba Andi Chaidir Halid yang memimpin unjuk rasa menyayangkan dan menyebut sang Bupati sebagai Biang Kerok keributan.

"Tadi kan sempat aksi terkait 100 hari kinerja Bupati Bulukumba, tapi saat penyampaian orasi itu, kemudian bupati Bulukumba tiba-tiba datang tendang Ban. dia masuk masa aksi," Ujar Chairi seperti di kutip dari detik.com

Chairi membeberkan, akibat kericuhan tersebut, sejumlah rekannya dibawa ke rumah sakit karena menjadi korban pemukulan oknum Pol PP.

"Dia nendang Ban, jadi dia yang memicu kericuhan itu," Lanjut Chairi

Namun, Penjelasan berbeda di jelaskan Pemda Bulukumba terkait Video Viral tersebut. Pihak Pemda yang diwakili oleh Kasubag Publikasi Humas Andi Ayatullah mengatakan justru Pihak mahasiswa yang membuat Bupati Andi Utta habis kesabaran.

Pasalnya saat terjadi Demo, Bupati sedang mengikuti vicon (Video Conference) terkait pembekalan kepala daerah dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)

"Saya kasih gambaran yah. jadi saat terjadi Demo, Pak Bupati mengikuti Vicon pembekalan kepala daerah sebagai Bupati baru dengan Kemendagri," Ujar Ayatullah

Ayatullah melanjutkan, karena mendengar suara mahasiswa unjuk rasa, Bupati Andi Utta lantas meminta ijin undur diri sementara dari Vicon untuk menemui Mahasiswa Demo.

Namun Mahasiswa justru menolak untuk melakukan dialog, sehingga Bupati habis kesabarannya.

"Makanya karena Pak Bupati menganggap teman-teman ini tidak punya itikat baik, dia keluar. kemudian dia melihat Ban yang mau dibakar jadi dia tendang saja karena dia menganggap taman (Mahasiswa) tidak punya Itikat baik," Lanjut Ayatullah. 

Dibawah ini adalah Cuplikan Video Bupati Bulukumba tendang Ban para pendemo