4 Hormon Bahagia Penangkal Stres di Tengah Amukan Corona

 

     Sumber:suara jogja

Kupang,suarakarumput.com--Lonjakan kasus corona semakin hari semakin mengkhawatirkan, tentu kondisi ini membuat banyak orang merasa stres dan sangat terkekang.
Sebagai penangkalnnya tubuh memproduksi 4 senyawa yang disebut hormon bahagia. Berikut merupakan 4 senyawa tersebut


Dopamin
Memberikan sensasi kesenangan, pembelanaran, memori, serta fungsi sistem motorik. Meningkat dengan olahraga, tertawa, memasak, makan enak. 

Serotonin
Hormon bahagia ini bisa membantu meregulasi, mood, tidur, nafsu makan, pencernaan, kemampuan belajar, dan juga memori.  Meningkatkan dengan mendengar musik, massage, jalan-jalan, berjemur. 


Oksitosin
Meningkatkan hormon cinta yang berkaitan dengan kelahiran, menyusui, rasa kepercayaan, empati, dan ikatan dalam hubungan. Meningkatkan dengan afeksi fisik, berciuman, bersantai bersama pasangan dan bercinta. 


Endorfin
Endorfin merupakan peredah nyeri  alami dalam tubuh yang diproduksi oleh tubuh sebagai respons dari perasaan stres atau tidak nyaman. Meningkat dengan makan, olahraga,dan bercinta.

Sejumlah hormon diatas dipercaya mampu memberi energi positif termasuk kebahagiaan dan kesenangan . Maka hormon bahagia ini sangat penting untuk menghilangkan rasa stres di tengah amukan corona. 


Sumber: detikhealth