Cara Ambil Gambar Blue Moon Dengan Ponsel Malam Hari

 Suarakarumput.com-Peneliti Pusat Sains Antariksa Lembag Penerbangan dan Antariksa Nasional (Pussainsa LAPAN), Andi Pangerang, menjelaskan blue moon atau bulan biru adalah salah satu siklus musiman astronomis yang terjadi 4 kali buoan purnama.

Ilustrasi Blue Moon

Fenomena Blue moon tahun ini akan terjadi, Minggu (22/8) sekitar pukul 19.00 WIB dan dapat dilihat di seluruh wilayah Indonesia. Bagi anda yang ingin mengabadikan blue moon bisa menggunakan kamera proffesional atau kamera ponsel. Namun jika menggunakan smartphone, kendala utama adalah jarak. Yang kedua potret dimalam hari minim cahaya.

Dengan kamera profesional memungkinkan anda mengubah ISO atau tingkat sensitivitas, yang berarti dapat mengambil foto dalam kondisi redup tanpa kehilangan kualitas gambar.

Kendati demikian tidak perlu kuwatir, ada beberap trik bagi anda yang ingin menghasilkan gambar blue moon yang indah dengan perangkat handphone. Namun disarankan aplikasi kamera. Ini dikarenakan aplikasi kamera dapat meningkatkan sensitivitas. Selain itu disarankan untuk  adanya tambahan objek lain seperti jembatan, pesawat, rumah, menara, atau gunung. Ini dilakukan agar gambar yang dihasilkan memiliki perspektif lain dari bulan dan membuat gambarnya semakin menarik.

Gunakan Tripod untuk menghindari guncangan pada ponsel ketika sedang mengambil gambar.(cnn Indonesia_teknologi)