Masyarakat Tureng, Kecamatan Boleng Mensyukuri HUT RI Ke-76 Dengan Ritual Adat

 Manggarai Barat,Suarakarumput.com--Untuk mensyukuri Hari Ulang Tahun Negara Republik Indonesia yang Ke-76 Tahun, Masyarakat Kampung Tureng, Desa Legam, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, mengadakan Ritual Adat Pada Selasa (17/08/2021)


(Foto:Ist.)

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia, masyarakat Indonesia turut ambil bagian untuk mengisi berbagai acara lomba di HUT RI. Kali ini, karena Pandemi, situasinya menjadi berbeda. Namun, ditengah Pandemi Covid-19, tak menyurutkan semangat Cinta Tanah masyarakat Indonesia untuk memeriahkan HUT RI kali ini.

Untuk memeriahkan HUT RI beberapa diantaranya mengadakan perlombaan serta ada juga yang mengadakan panggung hiburan. Namun semua itu dilakukan dengan Protokol Kesehatan agar tetap terjaga dari covid-19.

Lain halnya dilakukan oleh Masyarakat Kampung Tureng, Desa Legam, Kecamatan Boleng Manggarai Barat. Apa yang dilakukannya sangatlah unik dan beda dari lainnya. Masyarakat Tureng Melakukan Ritual Adat di HUT RI kali ini

Chelus, Pemuda asal Kampung Tureng mengatakan bahwa di HUT Kemerdekaan RI  kami menyambut penuh semangat meskipun ditengah Pandemi Covid-19. Salah satu tokoh Masyarakat juga menjelaskan bahwa mereka melakukan ritual adat untuk mensyukuri hasil panen, sekaligus Mensyukuri HUT RI yang ke-76 tahun dan berdoa agar menjauhkan Covid-19 dari kehidupan mereka.

"Tujuan dari kegiatan acara ritual adat ini hanya untuk mensyukuri segala hasil panen dalam sepakan ini,, sedangkan tujuan selanjutnya menyambut hari kemerdekaan RI yang ke-76," ungkapnya

Ritual adat tersebut dilakukan dengan cara adat khas orang Manggarai. Dia mengharapkan agar covid-19 ini dijauhkan dari mereka.

 "Selanjutnya untuk kedepannya menjauhi dari segala penyakit covid-19" harapnya.