Membanggakan!! Mahasiswa RI Raih 15 Medali di Olimpiade Matematika Dunia. Siapa dan Darimana Saja?

Suarakarumput.com--Mahasiswa Indonesia berhasil meraih 15 Medali diajang International Mathematics Competition (IMC) 2021. Kompetisi ini berlangsung secara daring pada tanggal 2-7 Agustus 2021 dengan Bulgaria sebagai tuan rumahnya.


(Foto: instagram Kemendikbud)

IMC merupakan ajang olimpiade internasional bergengsi di bidang matematika yang digelar setiap tahun. Pada tahun ini IMC di gelar dan di ikuti oleh 591 peserta yang berasal dari 54 negara.

Dilansir dari media sosial pusat prestasi nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek  RI, Indonesia mengirimkan 11 delegasi mahasiwa terbaik yang berasal dari seleksi  Kompetisi Nasional MIPA (KNMIPA) tingkat nasional tahun 2020 dan 14 mahasiswa yang berasal dari jalur mandiri.

Dalam kompetisi bergensi tersebut, tim Indonesia berhasil membawa 3 medali emas, 6 medali perak, dan 6 medali perunggu. Sehingga total medali yang di sabet Indonesia di ajang IMC 2021 sebanyak 15.

"Pusat Prestasi Nasional mengucapkan SELAMAT kepada delegasi Indonesia yang telah merah prestasi sebanyak 3 emas, 6 perak , dan 6 perunggu. Semoga dapat menjadi motivasi untuk kita semua," tulis akun instagram @puspresnas, Senin (9/8/2021).

Daftar Mahasiswa Indonesia yang Meraih Penghargaan di IMC 2021 

Mahasiswa yang meraih penghargaan di kancah Internasional ini terdiri dari perguruan tinggi di Indonesia, baik institut maupun Universitas. Berikut daftarnya:

Medali Emas:

1.Hopein Kristofen Tang (Institut Teknologi Bandung)
2.Andry Wijaya (Universitas Indonesia)
3.Muhammad Ali Aqsah (ITB)

Medali Perak:

1. Kelvin Tenata (UI)
2. Akeyla Pradia Naufal (ITB)
3. Naelufa Syifa W.M (UGM)
4. Waffiq Maaroja ( UGM)
5. Aditya Dwiyanto ( ITB)
6. Reynald Saputra (ITB)

Medali Perunggu:

1. Muhammad Reza Ardhana ( IPB)
2. Syaifillah Hi Nurdin (Universitas Hasanuddin)
3. Muh Fadlan (UGM)
4. Alfian Alif H. (Institut Teknologi Sepuluh November)
5. Nabil Mahatir ( Universitas Pendidikan Indonesia)
6. Rofiud Darojad ( Unem)

 Selain lima belas medalu diatas, 4 mahasiswa lain juga meraih penghargaan Honourable Mention.
Mereka adalah Garry Kuwanto (ITB), Rizma Yudatama (Universitas Sebelas Maret), Fani Haerul Anam Rofi'l (UGM),  dan Bramantya Arya D ( IPB).