Renungan Harian Katolik Lengkap dengan  Bacaan Minggu 23 Januari 2022 -->

Header Menu

Renungan Harian Katolik Lengkap dengan  Bacaan Minggu 23 Januari 2022

Patris Trikora
Jumat, 21 Januari 2022

Suaraakarrumput.com--Berikut Renungan Harian Katolik Lengkap dengan  Bacaan Minggu 23 Januari 2022

Bacaan Pertama Nehemia 8:3-5a.6-7.9-11

8:3 (8-4) Ia membacakan beberapa bagian dari pada kitab itu di halaman di depan pintu gerbang Air dari pagi sampai tengah hari di hadapan laki-laki dan perempuan dan semua orang yang dapat mengerti. Dengan penuh perhatian seluruh umat mendengarkan pembacaan kitab Taurat itu.

8:4 (8-5) Ezra, ahli kitab itu, berdiri di atas mimbar kayu yang dibuat untuk peristiwa itu. Di sisinya sebelah kanan berdiri Matica, Sema, Anaya, Uria, Hilkia dan Maaseya, sedang di sebelah kiri berdiri Pedaya, Misael, Malkia, Hasum, Hasbadana, Zakharia dan Mesulam.

8:5 (8-6) Ezra membuka kitab itu di depan mata seluruh umat, karena ia berdiri lebih tinggi dari semua orang itu. Pada waktu ia membuka kitab itu semua orang bangkit berdiri.

8:6 (8-7) Lalu Ezra memuji TUHAN, Allah yang maha besar, dan semua orang menyambut dengan: "Amin, amin!", sambil mengangkat tangan. Kemudian mereka berlutut dan sujud menyembah kepada TUHAN dengan muka sampai ke tanah.

8:7 (8-8) Juga Yesua, Bani, Serebya, Yamin, Akub, Sabetai, Hodia, Maaseya, Kelita, Azarya, Yozabad, Hanan, Pelaya, yang adalah orang-orang Lewi, mengajarkan Taurat itu kepada orang-orang itu, sementara orang-orang itu berdiri di tempatnya.

8:9 (8-10) Lalu Nehemia, yakni kepala daerah itu, dan imam Ezra, ahli kitab itu, dan orang-orang Lewi yang mengajar orang-orang itu, berkata kepada mereka semuanya: "Hari ini adalah kudus bagi TUHAN Allahmu. Jangan kamu berdukacita dan menangis!", karena semua orang itu menangis ketika mendengar kalimat-kalimat Taurat itu.

8:10 (8-11) Lalu berkatalah ia kepada mereka: "Pergilah kamu, makanlah sedap-sedapan dan minumlah minuman manis dan kirimlah sebagian kepada mereka yang tidak sedia apa-apa, karena hari ini adalah kudus bagi Tuhan kita! Jangan kamu bersusah hati, sebab sukacita karena TUHAN itulah perlindunganmu!"

8:11 (8-12) Juga orang-orang Lewi menyuruh semua orang itu supaya diam dengan kata-kata: "Tenanglah! Hari ini adalah kudus. Jangan kamu bersusah hati!"

Bacaan kedua 1 Korintus 12:12-30

12:12 Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus.

12:13 Sebab dalam satu Roh kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik budak, maupun orang merdeka, telah dibaptis menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minum dari satu Roh.

12:14 Karena tubuh juga tidak terdiri dari satu anggota, tetapi atas banyak anggota.

12:15 Andaikata kaki berkata: “Karena aku bukan tangan, aku tidak termasuk tubuh”, jadi benarkah ia tidak termasuk tubuh?

12:16 Dan andaikata telinga berkata: “Karena aku bukan mata, aku tidak termasuk tubuh”, jadi benarkah ia tidak termasuk tubuh?

12:17 Andaikata tubuh seluruhnya adalah mata, di manakah pendengaran? Andaikata seluruhnya adalah telinga, di manakah penciuman?

12:18 Tetapi Allah telah memberikan kepada anggota, masing-masing secara khusus, suatu tempat pada tubuh, seperti yang dikehendaki-Nya.

12:19 Andaikata semuanya adalah satu anggota, di manakah tubuh?

12:20 Memang ada banyak anggota, tetapi hanya satu tubuh.

12:21 Jadi mata tidak dapat berkata kepada tangan: “Aku tidak membutuhkan engkau.” Dan kepala tidak dapat berkata kepada kaki: “Aku tidak membutuhkan engkau.”

12:22 Malahan justru anggota-anggota tubuh yang nampaknya paling lemah, yang paling dibutuhkan.

12:23 Dan kepada anggota-anggota tubuh yang menurut pemandangan kita kurang terhormat, kita berikan penghormatan khusus. Dan terhadap anggota-anggota kita yang tidak elok, kita berikan perhatian khusus

12:24 Hal itu tidak dibutuhkan oleh anggota-anggota kita yang elok. Allah telah menyusun tubuh kita begitu rupa, sehingga kepada anggota-anggota yang tidak mulia diberikan penghormatan khusus,

12:25 supaya jangan terjadi perpecahan dalam tubuh, tetapi supaya anggota-anggota yang berbeda itu saling memperhatikan.

12:26 Karena itu jika satu anggota menderita, semua anggota turut menderita; jika satu anggota dihormati, semua anggota turut bersukacita.

12:27 Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya.

12:28 Dan Allah telah menetapkan beberapa orang dalam Jemaat: pertama sebagai rasul, kedua sebagai nabi, ketiga sebagai pengajar. Selanjutnya mereka yang mendapat karunia untuk mengadakan mujizat, untuk menyembuhkan, untuk melayani, untuk memimpin, dan untuk berkata-kata dalam bahasa roh.

12:29 Adakah mereka semua rasul, atau nabi, atau pengajar? Adakah mereka semua mendapat karunia untuk mengadakan mujizat,

12:30 atau untuk menyembuhkan, atau untuk berkata-kata dalam bahasa roh, atau untuk menafsirkan bahasa roh.

Renungan Harian Katolik Lengkap dengan Bacaan Minggu 23 Januari 2022



Bacaan Injil Lukas 1:1-4;4:14-21 "Pada Hari ini genaplah nas ini sewaktu kamu mendengarkannya"

1:1 Teofilus yang mulia, Banyak orang telah berusaha menyusun suatu berita tentang peristiwa-peristiwa yang telah terjadi di antara kita,

1:2 seperti yang disampaikan kepada kita oleh mereka, yang dari semula adalah saksi mata dan pelayan Firman.

1:3 Karena itu, setelah aku menyelidiki segala peristiwa itu dengan seksama dari asal mulanya, aku mengambil keputusan untuk membukukannya dengan teratur bagimu,

1:4 supaya engkau dapat mengetahui, bahwa segala sesuatu yang diajarkan kepadamu sungguh benar.

4:14 Dalam kuasa Roh kembalilah Yesus ke Galilea. Dan tersiarlah kabar tentang Dia di seluruh daerah itu.

4:15 Sementara itu Ia mengajar di rumah-rumah ibadat di situ dan semua orang memuji Dia.

4:16 Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan-Nya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab.

4:17 Kepada-Nya diberikan kitab nabi Yesaya dan setelah dibuka-Nya, Ia menemukan nas, di mana ada tertulis:

4:18 "Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku

4:19 untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang."

4:20 Kemudian Ia menutup kitab itu, memberikannya kembali kepada pejabat, lalu duduk; dan mata semua orang dalam rumah ibadat itu tertuju kepada-Nya.

4:21 Lalu Ia memulai mengajar mereka, kata-Nya: "Pada hari ini genaplah nas ini sewaktu kamu mendengarnya."

Renungan Harian Katolik Minggu 23 Januari 2022

Dewasa ini, kita dijejali dengan beribu-ribu informasi setiap hari. Media sosial sebagai kendaraan tidak mengalami kemacetan dalam menyampaikannya; Dalam hitungan detik, segala jenis informasi baik yang positif maupun negatif dapat diakses oleh seluruh pengguna media sosial. 

Di tengah-tengah "banjir informasi" ini, apakah dunia masih mengabdi kepada kebenaran? Masihkah manusia dewasa ini mencari berita baik? Berita apa yang banyak diwartakan banyak orang dewasa ini? Kabar baik atau kabar buruk?

Hari ini kita mendengarkan pewartaan kabar gembira dari Yesus. Lukas sejak awal lnjilnya ingin membangun iman umat dalam komunitasnya.

Tetapi, tujuan itu dicapai bukan saja melalui pewartaan akan janji-janji Allah, melainkan juga oleh penggenapan janji-janji itu dalam Diri Yesus Kristus. 

Iman akan janji Allah dan pemenuhan janji itu, menjadikan seseorang kuat menjadi pemberita firman. Kedua hal ini, baik pengajaran maupun penggenapan atas ajaran ini terpenuhi secara sempurna dalam Diri Yesus.

Sesudah Yesus dituntun oleh Roh dan dicobai di padang gurun, Dia kembali ke kampung halaman-Nya. Kemenangan Yesus atas godaan hal hal ekonomis, politis dan spiritual, juga adalah karena Roh Kudus yang gelalu mendampingi-Nya.

Sebagaimana Ibadat Sinagoga, Yesus pun melakukan hal yang sama saat Ia ditunjuk menjadi petugas: Pembacaan, pengajaran Reaksi atas pengajaran ini. 'Ia mengambil kitab Nabi Yesaya 61:1-2. Ia lalu membacanya, sesudah itu Ia mulai mengajar mereka Dan bagaimana reaksi pendengarnya?

Mereka kagum akan pengajaran Yesus, karena kata-kata Yesus penuh dengan kuasa. Namun sangat ironis, latar belakang Yesus membuat mereka menolak-Nya. Kebaikan warta atau isi dari pewartaan yang disampaikan Yesus seketika lenyap karena sesuatu yang hanya bungkusan saja. 

Apa yang bisa kita petik melalui Kisah injil hari ini?

Pertama, Yesus penuh dengan Roh Kudus. Sejak Ia lahir di kandung Betlehem dan saat menjalani masa kanak-kanak-Nya, dan kemudian dibaptis hingga dicobai di padang gurun, Yesus penuh dengan Roh Kudus.

Pelayanan Yesus selanjutnya selalu dilaksanakan dalam kuasa Roh Kudus, baik dalam perkataan mapun perbuatan. 

Kedua, Yesus tampil sebagai nabi. Dia membawa rahmat dan warta pembebasan. Meskipun ditolak, namun tetaplah Yesus akan mewartakan berita itu kepada seluruh bangsa. Dia membawa kebaikan bagi seluruh dunia, terutama mereka yang miskin dan tertindas. Hal itu nyata dalam tindakan Yesus. 

Ketiga, sebagai Guru, Dia mengajar. Hari ini, Dia menjelaskan kitab para Nabi dengan penuh wibawa. Karena bukan saja Dia mengajarkan, melainkan apa yang diajarkan-Nya itu sudah dan sedang terpenuhi daiam Diri-Nya.

Oleh karena itu, mari kita memposisikan diri seperti Teofilus, seseorang yang menjadi representasi dari pengikut Yesus yang ingin hidupnya lebih dibangun dalam kuasa Roh Kudus. Mengapa?

Karena Roh Kudus selalu menjamin isi pewartaan dan menjamin penggenapannya. Dia menjadi Penjamin Kabar Baik. Tetapi, hal itu menjadi mungkin jika kita bisa kagum akan pengajaran Yesus, sekaligus menerima dalam hati, dan menghayatinya dalam hidup. 

Melalui media sosial pun, kita dapat menjadi pembawa Kabar Baik bagi banyak orang dan kita sekaligus juga menjadi kabar baik itu sendiri.

DOA

Roh Kudus Allah, kami merasa takjub bahwa Dikau datang dan hidup dalam diri kami! Kami membuka hati kami bagi-Mu dan mohon kepada-Mu agar berkarya dalam diri kami.

Kami juga memohon Ya Tuhan curahkanlah Roh Kudus Mu kepada kami agar kami senantiasa mau mendengarkan Sabda-Mu yang Kudus hari lepas hari.

Terima kasih untuk cinta kasih-Mu, penyembuhan-Mu dan kuasa-Mu. Amin

Demikian Renungan Harian Katolik Lengkap dengan Bacaan Minggu 23 Januari 2022. Semoga kita semua selalu dalam lindungan dan penyertaan-Nya. Semoga***