Bacaan Injil dan Renungan Katolik Sabtu 19 Maret 2022 "Hari Raya St. Yosef" -->

Header Menu

Bacaan Injil dan Renungan Katolik Sabtu 19 Maret 2022 "Hari Raya St. Yosef"

Patris Trikora
Sabtu, 19 Maret 2022

Bacaan Injil dan Renungan Katolik Sabtu 19 Maret 2022 "Hari Raya St. Yosef"

Bacaan Injil dan Renungan Katolik Sabtu 19 Maret 2022 "Hari Raya St. Yosef"
Peringatan Hari St. Yosef Sabtu 19 Maret 2022

Bacaan Pertama 2 Samuel 7:4-5, 12-14, 16 "Keluarga dan kerajaanmu akan kokoh untuk selama-lamanya di hadapan-Ku"

7:4 Tetapi pada malam itu juga datanglah firman TUHAN kepada Natan, demikian:

7:5 "Pergilah, katakanlah kepada hamba-Ku Daud: Beginilah firman TUHAN: Masakan engkau yang mendirikan rumah bagi-Ku untuk Ku diami?

7:12 Apabila umurmu sudah genap dan engkau telah mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangmu, maka Aku akan membangkitkan keturunanmu yang kemudian, anak kandungmu, dan Aku akan mengokohkan kerajaannya.

7:13 Dialah yang akan mendirikan rumah bagi nama-Ku dan Aku akan mengokohkan takhta kerajaannya untuk selama-lamanya.

7:14 Aku akan menjadi Bapanya, dan ia akan menjadi anak-Ku. Apabila ia melakukan kesalahan, maka Aku akan menghukum dia dengan rotan yang dipakai orang dan dengan pukulan yang diberikan anak-anak manusia.

7:16 Keluarga dan kerajaanmu akan kokoh untuk selama-lamanya di hadapan-Ku, takhtamu akan kokoh untuk selama-lamanya."

Bacaan Kedua Roma 4:13, 16-18, 22 "Karena itulah kebenaran berdasarkan iman supaya merupakan kasih karunia"

4:13 Sebab bukan karena hukum Taurat telah diberikan janji kepada Abraham dan keturunannya, bahwa ia akan memiliki dunia, tetapi karena kebenaran, berdasarkan iman.

4:16 Karena itulah kebenaran berdasarkan iman supaya merupakan kasih karunia, sehingga janji itu berlaku bagi semua keturunan Abraham, bukan hanya bagi mereka yang hidup dari hukum Taurat, tetapi juga bagi mereka yang hidup dari iman Abraham. Sebab Abraham adalah bapa kita semua,

4:17 seperti ada tertulis: "Engkau telah Kutetapkan menjadi bapa banyak bangsa" ?di hadapan Allah yang kepada-Nya ia percaya, yaitu Allah yang menghidupkan orang mati dan yang menjadikan dengan firman-Nya apa yang tidak ada menjadi ada.

4:18 Sebab sekalipun tidak ada dasar untuk berharap, namun Abraham berharap juga dan percaya, bahwa ia akan menjadi bapa banyak bangsa, menurut yang telah difirmankan: "Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu."

4:22 Karena itu hal ini diperhitungkan kepadanya sebagai kebenaran

Bacaan Injil Matius 1:16, 18-21, 24 "Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus."

1:16 Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus.

1:18 Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.

1:19 Karena Yusuf suaminya, seorang yang tulus hati dan tidak mau mencemarkan nama isterinya di muka umum, ia bermaksud menceraikannya dengan diam-diam.

1:20 Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: "Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus.

1:21 Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka."

1:24 Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya. Ia mengambil Maria sebagai isterinya,

RENUNGAN KATOLIK HARI INI

Saudara terkasih dalam Kristus, Hari ini Gereja Katolik merayakan Hari Raya Santo Yosef, Suami Santa Perawan Maria. Gereja Katolik mengajak kita untuk mengenang seorang tokoh sejarah iman  Kristiani dalam  gereja kita.

Hari ini  kita kenangkan St.Yosef yang adalah bapa pengasuh Yesus sendiri sebagai Allah dan Tuhan kita.

St. Yosef adalah pribadi yang sangat sederhana, taat penuh iman dan rendah hati. Bahkan jika kita simak, St.Yosef jarang di munculkan kisah-kisahnya dalam Injil, sekalipun perannya sangatlah besar.

Ketakwaan dan kesetiaanya kepada Tuhan menyimpan makna kekaguman dan kasih terhadap Allah serta kelurusan hati Yosef telah mempesonakan hati Allah. Sebab itu, Allah memilihnya menjadi pengurus rumah tangga yang baik.

Dipilihnya Santo Yosef oleh Allah menjadi ayah untuk mendampingi Bunda Maria dan Yesus, menggugah para ayah bahwa betapa pentingnya sikap takwa dan lurus hati yang melandasi pertanggungjawaban untuk mengurus keluarga sebagai ciri khas kebapaan yang sejati, meski peran ibu juga tak terbantahkan.

Sosok Ayah seperti garam dalam keluarga. Semoga terus asin dan tidak menjadi tawar sehingga keluarga selalu memiliki kepercayaan diri, tidak murung,  memiliki harga diri yang tinggi dalam keluarga sehingga dapat menjadi sosok pelindung dan landasan yang kokoh

St. Yosef menjadi seorang bapak yang sangat bertanggungjawab, semua itu bentuk ketaatan totalnya pada Tuhan.

Hari ini Gereja Katolik menetapkan sebagai Hari St. Yosef, karena Gereja sangat menghargai ketaatan dan keteladanan St Yosef dan mengangkat St. Yosef sebagai pelindung bagi keluarga, pelindung bagi para pekerja dan buruh. 

Saudara terkasih dalam Kristus, marilah kita sama-sama merenungkan sabda suci hari ini  dan mempertanyakan pribadi kita masing-masing

Apakah kita ‘taat’  seperti St.Yosef yang sangat taat pada seluruh rencana Tuhan bagi hidupny? Apakah kita taat dan setia pada tugas-tugas kita sebagai seorang bapak/ibu/anak/anggota dalam sebuah keluarga atau komunitas?

DOA RENUNGAN KATOLIK HARI INI

Ya Tuhan, kami bersyukur bisa mengenal  PutraMu dan mengimaniNya, bantulah kami untuk terus berusaha  memiliki sikap nilai-nilai keutamaan sebagai orang beriman dan berani memohon seperti yang sudah  diteladankan oleh St.Yosef dalam kehidupnya untuk dapat kami hidupi dalam kehidupan  kami setiap hari, Amin.

Demikian Bacaan Injil dan Renungan Katolik Sabtu 19 Maret 2022. Kiranya kita semua dapat meneladani ketaatan St. Yosef, sehingga kita dapat menjadi pribadi yang berharga di mata Tuhan dan sesama. Semoga***

Bacaan Injil dan Renungan Katolik Sabtu 19 Maret 2022 "Hari Raya St. Yosef"