Renungan Harian Katolik dan Bacaan Injil Hari ini Senin 28 Maret 2022 -->

Header Menu

Renungan Harian Katolik dan Bacaan Injil Hari ini Senin 28 Maret 2022

Patris Trikora
Sabtu, 26 Maret 2022

Renungan Harian Katolik dan Bacaan Injil Hari ini Senin 28 Maret 2022

Renungan Katolik Hari ini Senin 28 Maret 2022
Renungan Harian Katolik dan Bacaan Injil Hari ini Senin 28 Maret 2022

BACAAN PERTAMA YESAYA 65:17-21 "Aku menciptakan langit yang baru dan bumi yang baru"

"Sebab sesungguhnya, Aku menciptakan langit yang baru dan bumi yang baru; hal-hal yang dahulu tidak akan diingat lagi, dan tidak akan timbul lagi dalam hati.

Tetapi bergiranglah dan bersorak-sorak untuk selama-lamanya atas apa yang Ku ciptakan, sebab sesungguhnya, Aku menciptakan Yerusalem penuh sorak-sorak dan penduduknya penuh kegirangan.

Aku akan bersorak-sorak karena Yerusalem, dan bergirang karena umat-Ku; di dalamnya tidak akan kedengaran lagi bunyi tangisan dan bunyi erangpun tidak.

Di situ tidak akan ada lagi bayi yang hanya hidup beberapa hari atau orang tua yang tidak mencapai umur suntuk, sebab siapa yang mati pada umur seratus tahun masih akan dianggap muda, dan siapa yang tidak mencapai umur seratus tahun akan dianggap kena kutuk.

Mereka akan mendirikan rumah-rumah dan mendiaminya juga; mereka akan menanami kebun-kebun anggur dan memakan buahnya juga.

BACAAN INJIL YOHANES 4:43-54 "Pergilah, anakmu hidup!"

Dan setelah dua hari itu Yesus berangkat dari sana ke Galilea, sebab Yesus sendiri telah bersaksi, bahwa seorang nabi tidak dihormati di negerinya sendiri.

Maka setelah ia tiba di Galilea, orang-orang Galileapun menyambut Dia, karena mereka telah melihat segala sesuatu yang dikerjakan-Nya di Yerusalem pada pesta itu, sebab mereka sendiripun turut ke pesta itu.

Maka Yesus kembali lagi ke Kana di Galilea, di mana Ia membuat air menjadi anggur. Dan di Kapernaum ada seorang pegawai istana, anaknya sedang sakit.

Ketika ia mendengar, bahwa Yesus telah datang dari Yudea ke Galilea, pergilah ia kepada-Nya lalu meminta, supaya Ia datang dan menyembuhkan anaknya, sebab anaknya itu hampir mati.

Maka kata Yesus kepadanya: "Jika kamu tidak melihat tanda dan mujizat, kamu tidak percaya." Pegawai istana itu berkata kepada-Nya: "Tuhan, datanglah sebelum anak ku mati."

Kata Yesus kepadanya: "Pergilah, anakmu hidup!" Orang itu percaya akan perkataan yang dikatakan Yesus kepadanya, lalu pergi. Ketika ia masih di tengah jalan hamba-hambanya telah datang kepadanya dengan kabar, bahwa anaknya hidup.

Ia bertanya kepada mereka pukul berapa anak itu mulai sembuh. Jawab mereka: "Kemarin siang pukul satu demamnya hilang." Maka teringatlah ayah itu, bahwa pada saat itulah Yesus berkata kepadanya: "Anakmu hidup." Lalu ia pun percaya, ia dan seluruh keluarganya. Dan itulah tanda kedua yang dibuat Yesus ketika Ia pulang dari Yudea ke Galilea.

RENUNGAN HARIAN KATOLIK HARI INI SENIN 28 MARET 2022

Saudara Terkasih Umat Katolik, perpisahan itu tentu saja menyakitkan, apalagi jika kita dipisahkan oleh maut.

Bacaan Injil hari menunjukan bagaimana Tuhan Yesus itu penuh kuasa, bahkan atas maut sekalipun.

Hari ini, Tuhan Yesus menyembuhkan anak dari seorang pegawai istana. Ada satu kejadian tersembunyi dalam bacaan ini, yaitu tak ada satupun tabib yang dapat menyembuhkan anak itu. Hingga akhirnya pegawai istana itu mencari  Yesus agar anaknya bisa sembuh.

Kita ketahui bahwa pada Jumat Agung, Tuhan Yesus akan diadili dan disalibkan oleh para pegawai istana dibawah komando ahli-ahli taurat.

Tapi Tuhan Yesus tidak memedulikan siapakah kamu, dari mana asalmu, ataupun apa status dan pekerjaanmu. Ia adalah sang tabib ajaib, yang berkuasa atas segala penyakit, hingga maut.

Peristiwa ini secara tidak langsung juga menunjukan bahwa Ia sangat berkuasa atas maut itu sendiri dan rela menolong siapapun itu. Hal itu pun akan Ia dibuktikan dengan mengalahkan maut melalui wafat dan kebangkitan-Nya.

Khususnya pada masa prapaskah ini, kita diharapkan semakin mendalami misteri ini. Bagaimana Tuhan Yesus menyelamatkan kita tanpa memandang siapakah kita ini.

Dan bagaimana nantinya kita akan dibangkitkan bersama-sama dengan semua orang beriman di akhir zaman.

Dalam masa prapaskah inilah momen yang tepat untuk kita sungguh menghayati bagaimana Tuhan Yesus itu sangat berkuasa atas segala penyakit hingga maut.

Tak cukup hanya memahami saja, kita juga harus belajar mengaplikasikannya, dengan selalu bertobat selalu, agar dapat sungguh bangkit di dalam Dia.

Melalui rahmat-Nya, kita pasti dapat sembuh dari penyakit maupun keterikatan dosa kita, dan bangkit menjadi pribadi yang lebih baik.

DOA RENUNGAN HARIAN KATOLIK HARI INI

Tuhan Yesus, Sembuhkanlah kami dari segala sakit, penyakit, dan belenggu dosa yang menimpa kami. Ulurkan tangan kasih-Mu keatas kami sehingga kami dapat sembuh. Kami yakin dan percaya bahwa tiada yang mistahil bagi-Mu, Karena Engkaulah Tuhan yang berkuasa atas segala sesuatu bahkan maut sekalipun. Amin.

Demikian Renungan Harian Katolik dan Bacaan Injil Hari ini Senin 28 Maret 2022. Kiranya kasih karunia Tuhan menyertai kita dan kuasa-Nya memberkati kita dan membebaskan kita dari segala belenggu sakit/penyakit. Semoga***