Bacaan Injil dan Renungan Katolik Hari Ini Sabtu 21 Mei 2022 (Dibenci karena tinggal di dalam Yesus) -->

Header Menu

Bacaan Injil dan Renungan Katolik Hari Ini Sabtu 21 Mei 2022 (Dibenci karena tinggal di dalam Yesus)

Patris Trikora
Jumat, 20 Mei 2022

Bacaan Injil dan Renungan Katolik Hari Ini Sabtu 21 Mei 2022 (Dibenci karena tinggal di dalam Yesus)


"Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu."


Bacaan Injil Yohanes 15:18-21 "Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu."


"Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu.

Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu.

Ingatlah apa yang telah Kukatakan kepadamu: Seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya. Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu; jikalau mereka telah menuruti firman-Ku, mereka juga akan menuruti perkataanmu.

Tetapi semuanya itu akan mereka lakukan terhadap kamu karena nama-Ku, sebab mereka tidak mengenal Dia, yang telah mengutus Aku.

Renungan Katolik Hari Ini Sabtu 21 Mei 2022


Saudara terkasih dalam Kristus, dalam Bacaan Injil hari ini kita diberitahu tentang konsekuesni mengikuti Kristus yaitu: Dibenci karena tinggal di dalam Yesus

Pada perikop kali ini kita melihat bagaimana Dunia membenci kita karena dunia membenci Yesus. Mengapa?

Sebab Ia membuka mata mereka bahwa mereka berdosa dan setiap perkataan-Nya menelanjangi perbuatan dosa mereka (bdk. Yoh. 7:7).

Selain itu, dunia membenci Yesus karena dunia tidak mengenal Bapa yang telah mengutus Dia (15:21). Kebencian itu kemudian dilimpahkan kepada murid-murid Yesus. 

Bahkan akan ada saatnya, para penganiaya murid-murid Kristus menganggap tindakan mereka sebagai ibadah (16:2).Meski demikian, kebencian itu hendaknya tidak membuat murid-murid-Nya mundur.

Karena sebagai murid-murid Yesus, tugas mereka adalah bersaksi tentang Yesus kepada dunia yang membenci Dia dan membenci mereka juga (15:27).

Lalu bagaimana mungkin Yesus mengharapkan murid-murid bersaksi kepada dunia yang membenci mereka? Bukankah dunia akan langsung menolak? Murid-murid harus bersaksi tentang Kristus karena sejak semula mereka sudah bersama-sama dengan Dia.

Namun Yesus akan mengirimkan Roh Kudus, yang akan memberi kesaksian tentang Kristus melalui murid-murid. Saat mereka bersaksi tentang Kristus, Roh Kudus akan memfasilitasi kesaksian mereka (15:26-27).

Kebencian terhadap Kristus hadir dalam berbagai bentuk. Misalnya, dengan mencari-cari kesalahan kita karena iman kita, atau memperkecil, bahkan menutup kesempatan kita untuk maju di dunia kerja, dan lain-lain.

Lalu Bagaimanakah reaksi kita sebagai pengikut Kristus? Apakah kita harus Marah?

Tak perlu. Roh Kudus akan menolong kita untuk hidup terus di dalam kebenaran. Dengan demikian kita sedang bersaksi tentang Kristus.

Sebab Yesus bersabda: "Jika orang menampar pipi kirimu, berilah juga pipi kananmu" artinya jika kita dibenci maka kita tidak perlu membalas kebencian itu dengan emosi, marah ataupun dendam. Melainkan dengan kasih yang sejalan dengan firman-Nya yaitu : "Kasihilah musuhmu"

Doa Renungan Katolik Hari Ini Sabtu 21 Mei 2022


Tuhan Yesus Kristus, terimakasih atas anugerah dan cinta-Mu yang luarbiasa kepada kami. Kami mohon ampunilah dosa dan kesalahan kami, berikan kami hati yang penuh kasih agar kami tidak mudah terpancing oleh amarah dan juga kebencian. Ajarilah kami untuk mencintai segala yang Engkau sediakan dan bentuklah kami untuk selalu mengasihi sesama kami. Amin.

Demikian Bacaan Injil dan Renungan Katolik Hari Ini Sabtu 21 Mei 2022. Kiranya Firman Tuhan yang telah kita renungkan hari ini dapat bertumbuh dan menghasilkan buah yang baik melalui perbuatan kasih kita kepada sesama. Semoga***