Bacaan Injil dan Renungan Katolik Hari Ini Selasa 21 Juni 2022 (Hal Yang Kudus dan Berharga) -->

Header Menu

Bacaan Injil dan Renungan Katolik Hari Ini Selasa 21 Juni 2022 (Hal Yang Kudus dan Berharga)

Patris Trikora
Minggu, 19 Juni 2022

Bacaan Injil dan Renungan Katolik Hari Ini Selasa 21 Juni 2022 (Hal Yang Kudus dan Berharga)


"Jangan kamu memberikan barang yang kudus kepada anjing dan jangan kamu melemparkan mutiaramu kepada babi, supaya jangan diinjak-injaknya".


Bacaan Injil Matius 7:6;12-14 "Jangan kamu memberikan barang yang kudus kepada anjing dan jangan kamu melemparkan mutiaramu kepada babi, supaya jangan diinjak-injaknya."


6: "Jangan kamu memberikan barang yang kudus kepada anjing dan jangan kamu melemparkan mutiaramu kepada babi, supaya jangan diinjak-injaknya dengan kakinya, lalu ia berbalik mengoyak kamu."

12: "Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.

13: Masuklah melalui pintu yang sesak itu, karena lebarlah pintu dan luaslah jalan yang menuju kepada kebinasaan, dan banyak orang yang masuk melaluinya;

14: karena sesaklah pintu dan sempitlah jalan yang menuju kepada kehidupan, dan sedikit orang yang mendapatinya."

Renungan Katolik Hari Ini Selasa 21 Juni 2022 (Hal Yang Kudus dan Berharga)


Saudara terkasih dalam Kristus, dalam Bacaan Injil Hari Ini, Tuhan Yesus mengecam orang-orang Farisi itu karena mereka mementingkan peraturan-peraturan yang mereka buat sehingga mengabaikan perintah-perintah Tuhan sendiri.

Peraturan mereka itu bahkan tidak jarang mengaburkan perintah Allah, sehingga demi peraturan yang mereka buat, perintah Allah dilanggar.

Kekasih Tuhan yang budiman, tema penting yang ingin disampaikan oleh Yesus dalam Bacaan Injil hari ini adalah pedoman-pedoman hidup praktis yang bisa dihayati oleh siapa saja guna memperoleh kebahagiaan.

Pilihan itu akan menentukan masa depan seseorang. Ada pilihan yang sulit dan ada pilihan yang gampang.

Yesus dalam Bacaan Injil hari ini menegaskan bahwa pilihan yang gampang akan membawa orang kepada kebinasaan. Tetapi piliahan-pilihan yang sulit seperti memikul salib atau menyangkal diri akan membawa orang kepada kebahagiaan sejati.

Yesus mengharapkan supaya kita tidak mengelakkan pilihan-pilihan yang sulit karena pilihan-pilihan itu sering membawa kita kepada kebahagiaan.


Barang yang kudus dan mutiara adalah lambang dari kita umat beriman sebagai "bait Allah" maka sudah semestinya umat beriman harus hidup kudus. Sehingga umat beriman mempunyai nilai yang sangat tinggi, bagaikan mutiara.

Menyadari akan kekudusan kita sebagai bait Allah yang bernilai sangat tinggi, tentunya kita harus menjaga dan mempertahankan kekudusan tersebut, jangan sampai hidup rohani kita jatuh dengan perbuatan dosa.

Hal ini sama saja dengan memberikan "yang kudus dan mutiara" kepada anjing dan babi. Jika demikian, maka hidup kita akan menjadi sia-sia, sebab tunduk dibawah kuasa dosa, hidup manusia menjadi najis, kotor atau bagaikan diinjak-injak babi.

Hari ini juga Kristus merumuskan kembali semua sikap, kewajiban, dan kehidupan Kristiani, mulai dari cara kita merumuskan yang negatif, diubah menjadi yang positif.

Sikap yang Tuhan tuntut pun diubah dari pasif, masa bodoh menjadi aktif dan dinamis. Artinya kita sebagai Umat-Nya harus mengasihi sebagaimana ia ingin orang lain berbuat itu pada dirinya. Tekanannya adalah memberikan diri pada sesama bukan menuntut.

Hidup orang Kristiani itu berat. Tuhan memperhadapkan para pengikut-Nya kepada fakta hidup Kristiani yang berat.

Yang mana kita dituntut untuk harus: memilih jalan hidup yang sempit, bukan yang lebar populer dan kebanyakan orang inginkan.

Kita harus membangun kehidupan rohani kita di atas batu karang yang kokoh (ketaatan), bukan di atas sikap kerohanian yang santai.

Berjaga-jaga bukan saja terhadap para pengajar sesat yang memiliki sikap serigala berbulu domba, tetapi juga terhadap sifat sesat, munafik, egois dan yang hanya beribadah sejauh bibir bukan dengan hati yang tulus.

Doa Renungan Katolik Hari Ini Selasa 21 Juni 2022 (Hal Yang Kudus dan Berharga)


Tuhan Yesus, bantulah kami untuk dapat membuat pilihan-pilihan yang tepat di dalam hidup agar kami dapat terhindar dari dosa dan kebinasaan. Amin.

Demikian Bacaan Injil dan Renungan Katolik Hari Ini Selasa 21 Juni 2022 (Hal Yang Kudus dan Berharga). Kiranya kita mampu menjadi pribadi yang kudus dan berharga dimata Tuhan dan sesama. Semoga***