Bacaan Injil dan Renungan Katolik Hari Ini Minggu 12 Juni 2022 (Hari Raya Tritunggal Maha Kudus) -->

Header Menu

Bacaan Injil dan Renungan Katolik Hari Ini Minggu 12 Juni 2022 (Hari Raya Tritunggal Maha Kudus)

Patris Trikora
Kamis, 09 Juni 2022

Bacaan Injil dan Renungan Katolik Hari Ini Minggu 12 Juni 2022 (Hari Raya Tritunggal Maha Kudus)


Hari Raya Tritunggal Maha Kudus


Bacaan Injil Yohanes 16:12-15 "Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran"


12: Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya.

13: Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.

14: Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku.

15: Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku."

Renungan Katolik Hari Ini Minggu 11 Juni 2022 (Hari Raya Tritunggal Maha Kudus)


Saudatra terkasih dalam Tuhan, hari ini Gereja Katolik merayakan Pesta Hari Tritunggal Mahakudus.

Dan dalam Bacaan Injil hari ini Yesus menjanjikan Roh Kebenaran yang akan memimpin para muridNya ke dalam seluruh kebenaran.

Roh Kebenaran tersebut sesungguhnya adalah Roh Kudus yang sudah dipersiapkan oleh Yesus sendiri untuk menemani para murid-Nya di dalam meneruskan karya Yesus sesudah Dia naik ke Surga.

Roh Kudus, yang adalah Roh Yesus sendiri, akan memampukan para murid-Nya meneruskan pewartaan Yesus di dunia. Roh inilah yang membantu para rasul untuk mengajar, bersaksi dan memuliakan Yesus.

Para rasul dengan ditemani oleh Roh Kudus sudah menjalankan tugas pewartaan mereka dengan sepenuh hati, bahkan sampai menjadi martir demi kebenaran akan Yesus Kristus yang mereka imani.

Roh Kudus adalah Pribadi ilahi berasal dari Bapa dalam nama Yesus. Oleh karena itu Ia datang sebagai Roh Kebenaran.

Ia berkata-kata berdasarkan apa yang Ia dengar dari Bapa dan Putra. Ia akan mengatakan hal-hal yang akan datang. Ia memuliakan Yesus sang Putra karena segala yang dikatakan diterima dari Yesus.

Yesus menjelaskan peran Parakletos ini dalam kaitan dengan persekutuan-Nya sebagai Anak dengan Bapa. Tuhan Yesus menjanjikan Roh Penghibur dan Pembela.

Dalam KGK (243-248; 263-264), Roh Kudus adalah pribadi ketiga dari Tritunggal Mahakudus yang memiliki keilahian sama dengan Allah Bapa dan Putra.

Membiarkan diri dipimpin Roh Kudus merupakan tindakan yang tepat karena Dia adalah Roh Kebenaran. Dalam hidup ada banyak kebenaran, tetapi Roh Kudus akan memimpin kita ke dalam seluruh kebenaran.

Artinya, orang-orang yang menyerahkan dirinya dipimpin Roh Kudus memang tidak mungkin salah.

Bagian ini erat dengan pasal 15 tentang bagaimana hidup dalam Kristus dan berbuah banyak bagi kemuliaan Bapa.

Sebelumnya dicatat bahwa para murid bertanya ke mana Yesus akan pergi. Kali ini Tuhan justru menegur karena mereka tidak lagi menanyakan hal itu.

Mungkin pengetahuan bahwa Yesus akan pergi dan mereka akan kehilangan Dia, mengganggu pikiran mereka.

Kini Tuhan menjelaskan bahwa kepergian-Nya justru baik bagi mereka karena kepergian-Nya ke salib dan ke surga sesudah kebangkitan merampungkan seluruh rencana keselamatan Allah bagi milik-Nya.

Jadi, kepergian Yesus justru membuat para murid ada dalam posisi menikmati seluruh janji keselamatan Allah.

Karena Yesus telah merampungkan tugas penyataan dan penyelamatan dari Allah, Roh Kudus dapat datang ke dalam dan ke antara mereka.

Roh Kudus tidak diberikan bagi dunia, tetapi bagi para murid Yesus. Karunia Roh, dalam arti kehadiran Allah, eksklusif hanya dialami oleh orang beriman.

Kedatangan Roh akan berdampak bagi para pengikut Yesus, juga bagi dunia melalui para pengikut Kristus.

Bagi orang beriman, Roh Kudus akan meneruskan kehadiran dan karya Yesus, menjadi penghibur atau pendamping yang selalu siap membela dan memimpin.

Ia akan memberikan pengenalan yang intim akan Allah dalam hati dan pikiran para pengikut Yesus (ayat 7,13,15).

Intinya, Ia akan membuat orang percaya mengalami persekutuan yang nyata dan akrab dengan Allah Tritunggal dan mengenali kebenaran- kebenaran-Nya yang memperbarui hidup.

Kehadiran dan karya Roh dalam diri Gereja dan mat Katolik pasti membawa dampak ke dalam dunia.

Jika umat Katolik hidup akrab dengan Tuhan, menaati dan mengalami penyertaan-Nya yang baik dan kudus, maka kita pasti akan berpengaruh.

Seperti Yesus datang bukan untuk membawa damai yang semu, tetapi pedang yang membedah dan mengerat dosa, demikian juga kehadiran Gereja Katolik di tengah dunia.

Pertama, menimbulkan kepekaan akan dosa. Kedua, menunjukkan kebenaran. Ketiga, menyatakan penghakiman Allah.

Ketiga dampak ini tidak saja berkaitan dengan soal pola hidup etis, tetapi terutama tentang sikap dunia terhadap Yesus yang mereka tolak dan terhadap iblis yang mereka ikuti (ayat 8-11).

Oleh karena itu, patut kita renungkan bahwa sangat perlu untuk mengkaji bagaimana kehadiran Roh Kudus dalam diri kita sudah atau belum berdampak bagi kehidupan di sekitar kita!

Doa Renungan Katolik Hari Ini Minggu 11 Juni 2022 (Hari Raya Tritunggal Maha Kudus)


Bapa surgawi, ajarilah kami untuk selalu menghargai Tritunggal Mahakudus. Tuhan Yesus, tunjukkanlah kepada kami kehadiran Tritunggal Mahakudus. Roh Kudus, ajarlah kami bagaimana memuliakan Bapa surgawi dan Juruselamat kami, Yesus Kristus. Amin.

Demikian Bacaan Injil dan Renungan Katolik Hari Ini Minggu 12 Juni 2022 (Hari Raya Tritunggal Maha Kudus). Kiranya Tritunggal Maha Kudus memberikan kita harapan baru untuk hidup lebih benar seturut kehendak Tuhan. Semoga***