Bacaan Injil dan Renungan Katolik Hari Ini Sabtu 25 Juni 2022 (Proses Pembelajaran Tentang Yesus Melalui Keluarga Kudus Nazaret) -->

Header Menu

Bacaan Injil dan Renungan Katolik Hari Ini Sabtu 25 Juni 2022 (Proses Pembelajaran Tentang Yesus Melalui Keluarga Kudus Nazaret)

Patris Trikora
Kamis, 23 Juni 2022

Bacaan Injil dan Renungan Katolik Hari Ini Sabtu 25 Juni 2022 (Proses Pembelajaran Tentang Yesus Melalui Keluarga Kudus Nazaret)




Bacaan Injil Lukas 2:41-51 "Mengapa kamu mencari Aku? Tidakkah kamu tahu, bahwa Aku harus berada di dalam rumah Bapa-Ku?"


41: Tiap-tiap tahun orang tua Yesus pergi ke Yerusalem pada hari raya Paskah.

42: Ketika Yesus telah berumur dua belas tahun pergilah mereka ke Yerusalem seperti yang lazim pada hari raya itu.

43: Sehabis hari-hari perayaan itu, ketika mereka berjalan pulang, tinggallah Yesus di Yerusalem tanpa diketahui orang tua-Nya.

44: Karena mereka menyangka bahwa Ia ada di antara orang-orang seperjalanan mereka, berjalanlah mereka sehari perjalanan jauhnya, lalu mencari Dia di antara kaum keluarga dan kenalan mereka.

45: Karena mereka tidak menemukan Dia, kembalilah mereka ke Yerusalem sambil terus mencari Dia.

46: Sesudah tiga hari mereka menemukan Dia dalam Bait Allah; Ia sedang duduk di tengah-tengah alim ulama, sambil mendengarkan mereka dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada mereka.

47: Dan semua orang yang mendengar Dia sangat heran akan kecerdasan-Nya dan segala jawab yang diberikan-Nya.

48: Dan ketika orang tua-Nya melihat Dia, tercenganglah mereka, lalu kata ibu-Nya kepada-Nya: "Nak, mengapakah Engkau berbuat demikian terhadap kami? Bapa-Mu dan aku dengan cemas mencari Engkau."


50: Tetapi mereka tidak mengerti apa yang dikatakan-Nya kepada mereka.

51: Lalu Ia pulang bersama-sama mereka ke Nazaret; dan Ia tetap hidup dalam asuhan mereka. Dan ibu-Nya menyimpan semua perkara itu di dalam hatinya.

Renungan Katolik Hari Ini Sabtu 25 Juni 2022 (Proses Pembelajaran Tentang Yesus Melalui Keluarga Kudus Nazaret)


Saudara terkasih dalam Kristus, Bacaan Injil Hari Ini, mengisahkan tentang sisi lain dari Inkarnasi Kristus. Sekali lagi, Yusuf dan Maria masih harus menjalani "proses pembelajaran" mengenai siapa diri Yesus.

Setelah seharian mereka mencari Yesus akhirnya mereka menemukan Yesus (tiga hari dalam ayat 46 termasuk hari pertama perjalanan ke luar Yerusalem, hari kedua kembali ke Yerusalem, hari ketiga mereka sadar bahwa Yesus tidak ikut pulang), Ia ada di Bait Allah, sedang belajar bersama para ahli keagamaan (ay 47-48).

Cara belajar-mengajar keagamaan Yahudi waktu itu memang lebih banyak melalui saling bertanya dan menjawab. Dari jawaban-jawaban Yesus meskipun secara tersirat, dapat ditarik kesan bahwa seharusnya Yusuf dan Maria tahu kalau Yesus akan ada di rumah Bapa-Nya (ayat 49).


Pertama, bahwa Yesus telah memiliki kesadaran tentang pentingnya ibadah, bahkan pada usia semuda ini (walaupun pada usia 12 tahunlah seorang anak Yahudi memang bersiap-siap menjalani ujian Taurat sebelum diterima sebagai anggota komunitas keagamaan Yahudi).

Kedua, yang juga terpenting ialah kata "Bapa-Ku" menunjukkan kesadaran adanya hubungan yang khusus antara diri-Nya dengan Sang Bapa. Rata-rata orang Yahudi yang saleh menggunakan istilah yang lebih hati-hati, "Bapa kami", walaupun dalam doa pribadi.

Sekali lagi, Maria menyimpan semua ini dalam hatinya dan merenungkannya (ayat 51, bdk. 2:19, dan 1:66).

Dari sisi narasi Injil, ini jugalah yang diinginkan Lukas agar dilakukan oleh para pembaca Injil yaitu merenungkan kembali sejauh mana jati diri Kristus telah ditampilkan, ditunjukkan.

Di sini kita melihat pertama kali dari sisi diri Kristus sendiri, kedekatan-Nya dengan Sang Bapa sebagai Sang Anak.

Namun, Yesus tetap taat kepada Yusuf dan Maria, dan ikut pulang ke Nazaret. Rupanya Yesus juga menunjukkan bahwa tidak mungkin taat kepada Allah tanpa ketaatan kepada orang tua.

Dengan demikian patut kita renungkan bahwa kita harus mensyukuri fakta bahwa Kristus sungguh-sungguh menjadi manusia.

Kesediaan Kristus untuk menjalani semua implikasi dari kemanusiaan-Nya, termasuk keremajaan, merupakan bukti betapa besar kasih Allah akan dunia ini (Yoh. 3:16).

Doa Renungan Katolik Hari Ini Sabtu 25 Juni 2022 (Proses Pembelajaran Tentang Yesus Melalui Keluarga Kudus Nazaret)


Bapa surgawi, dengan kami mempersembahkan keluarga kami kepada-Mu dan mohon dari-Mu agar memberkati kami sekeluarga. Kami percaya akan kasih-Mu bagi semua anggota keluarga kami. Oleh Roh Kudus-Mu, berikanlah kepada kami kuasa dan hikmat-kebijaksanaan, dan bimbinglah kami dalam mengasihi mereka yang paling dekat dengan kami. Amin.

Demikian Bacaan Injil dan Renungan Katolik Hari Ini Sabtu 25 Juni 2022 (Proses Pembelajaran Tentang Yesus Melalui Keluarga Kudus Nazaret). Kiranya Keluarga Kudus Nazaret Menjadi teladan iman kita dalam menjalani kehidupan kita sebagai keluarga Kristus. Semoga***