Bacaan Injil dan Renungan Katolik Hari Ini Minggu 28 Agustus 2022 (Mengendalikan Diri dan Ambisi) -->

Header Menu

Bacaan Injil dan Renungan Katolik Hari Ini Minggu 28 Agustus 2022 (Mengendalikan Diri dan Ambisi)

Patris Trikora
Kamis, 25 Agustus 2022

Bacaan Injil dan Renungan Katolik Hari Ini Minggu 28 Agustus 2022 (Mengendalikan Diri dan Ambisi)


"Barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan"

Bacaan Injil Lukas 14:1,7-14 "Barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan"


1: Pada suatu hari Sabat Yesus datang ke rumah salah seorang pemimpin dari orang-orang Farisi untuk makan di situ. Semua yang hadir mengamat-amati Dia dengan saksama.

7: Karena Yesus melihat, bahwa tamu-tamu berusaha menduduki tempat-tempat kehormatan, Ia mengatakan perumpamaan ini kepada mereka:

8: "Kalau seorang mengundang engkau ke pesta perkawinan, janganlah duduk di tempat kehormatan, sebab mungkin orang itu telah mengundang seorang yang lebih terhormat dari padamu,

9: supaya orang itu, yang mengundang engkau dan dia, jangan datang dan berkata kepadamu: Berilah tempat ini kepada orang itu. Lalu engkau dengan malu harus pergi duduk di tempat yang paling rendah.

10: Tetapi, apabila engkau diundang, pergilah duduk di tempat yang paling rendah. Mungkin tuan rumah akan datang dan berkata kepadamu: Sahabat, silakan duduk di depan. Dan dengan demikian engkau akan menerima hormat di depan mata semua tamu yang lain.


12: Dan Yesus berkata juga kepada orang yang mengundang Dia: "Apabila engkau mengadakan perjamuan siang atau perjamuan malam, janganlah engkau mengundang sahabat-sahabatmu atau saudara-saudaramu atau kaum keluargamu atau tetangga-tetanggamu yang kaya, karena mereka akan membalasnya dengan mengundang engkau pula dan dengan demikian engkau mendapat balasnya.

13: Tetapi apabila engkau mengadakan perjamuan, undanglah orang-orang miskin, orang-orang cacat, orang-orang lumpuh dan orang-orang buta.

14: Dan engkau akan berbahagia, karena mereka tidak mempunyai apa-apa untuk membalasnya kepadamu. Sebab engkau akan mendapat balasnya pada hari kebangkitan orang-orang benar."

Renungan Katolik Hari Ini Minggu 28 Agustus 2022 (Mengendalikan Diri dan Ambisi)


Saudara terkasih, dalam Bacaan Injil Hari Ini Yesus menunjukkan bahwa orang perlu mengendalikan diri dari ambisi pribadi.

Bila sikap rendah hati itu tulus, inipun akan menunjukkan suatu pribadi yang pantas dikagumi.

Istilah low profile tidak menunjukkan bahwa seseorang kehilangan harga diri dan mutu, tetapi hanya menunjukkan apa yang dimiliki orang itu.

Salah satu yang ditunjukkan dalam Injil hari ini adalah tentang memilih tempat. Tempat dan posisi memang bisa menunjukkan mutu seseorang.

Tetapi ternyata bahwa mutu tidak hanya bisa digantungkan dengan tempat. Sikap dan penampilan juga ikut menentukan mutu tersebut.

Bagi Yesus, kesederhanaan dan kerendahan hati adalah sikap yang ikut menentukan penampilan seseorang. Apakah hal itu juga menjadi sikap dan usaha kita? Hikmat yang bisa dipetik dalam kehidupan para murid adalah agar kita tahu diri dan sadar diri.


Kebijaksanaan hidup seperti itu pantas diperhatikan. Orang akan dihargai di hadapan Allah dan sesamanya bila memiliki kerendahan hati, mampu mengendalikan diri dan mengontrol ambisi.

Doa Renungan Katolik Hari Ini Minggu 28 Agustus 2022 (Mengendalikan Diri dan Ambisi)


Tuhan Yesus, jadikanlah kami murid-Mu yang rendah hati. Jauhkanlah kami dari kesombongan diri dan tanamkanlah kasih-Mu dalam diri kami. Terpujilah Nama-Mu, kini dan selamanya, Amin.

Demikian Bacaan Injil dan Renungan Katolik Hari Ini Minggu 28 Agustus 2022 (Mengendalikan Diri dan Ambisi). Kiranya kita semua menjadi pribadi yang rendah hati, mampu mengendalikan diri serta ambisi dalam kehidupan. Semoga***