Bacaan Injil dan Renungan Katolik Hari Ini Jumat 12 Agustus 2022 (Komitmen Untuk Setia) -->

Header Menu

Bacaan Injil dan Renungan Katolik Hari Ini Jumat 12 Agustus 2022 (Komitmen Untuk Setia)

Patris Trikora
Selasa, 09 Agustus 2022

Bacaan Injil dan Renungan Katolik Hari Ini Jumat 12 Agustus 2022 (Komitmen Untuk Setia)


"Apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia"


Bacaan Injil Mat 19:3-12 "Apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia"


3: Maka datanglah orang-orang Farisi kepada-Nya untuk mencobai Dia. Mereka bertanya: "Apakah diperbolehkan orang menceraikan isterinya dengan alasan apa saja?"

4: Jawab Yesus: "Tidakkah kamu baca, bahwa Ia yang menciptakan manusia sejak semula menjadikan mereka laki-laki dan perempuan?

5: Dan firman-Nya: Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging.


7: Kata mereka kepada-Nya: "Jika demikian, apakah sebabnya Musa memerintahkan untuk memberikan surat cerai jika orang menceraikan isterinya?"

8: Kata Yesus kepada mereka: "Karena ketegaran hatimu Musa mengizinkan kamu menceraikan isterimu, tetapi sejak semula tidaklah demikian.


10: Murid-murid itu berkata kepada-Nya: "Jika demikian halnya hubungan antara suami dan isteri, lebih baik jangan kawin."


12: Ada orang yang tidak dapat kawin karena ia memang lahir demikian dari rahim ibunya, dan ada orang yang dijadikan demikian oleh orang lain, dan ada orang yang membuat dirinya demikian karena kemauannya sendiri oleh karena Kerajaan Sorga. Siapa yang dapat mengerti hendaklah ia mengerti."

Renungan Katolik Hari Ini Jumat 12 Agustus 2022 (Komitmen Untuk Setia)


Saudara sekalian yang dikasihi Tuhan, Bacaan Injil hari ini berbicara tentang perjuangan menjalani sebuah komitmen yaitu kesetiaan.

Tentu kesetiaan yang dimaksudkan bukan sekedar setia menjalankan tugas dan kewajiban namun perjuangan untuk menghidupi komitmen yang telah disepakati.

Perjuangan ini tidak semudah menekan remote TV. Perjuangan itu penuh dengan duri dan onak, ada amarah, tangis dan cinta yang mekar.

Kesetiaan yang dibicarakan Yesus dalam Bacaan Injil hari ini berkaitan dengan komitmen suami isteri.

Yesus dengan tegas mengatakan sejak semula pria meninggalkan ayah dan ibunya, bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging, artinya satu yang utuh dan tak terpisahkan.

Dalam hal ini, kesetiaan yang dimaksud ialah masing-masing pribadi menerima kekurangan dan kelebihan.

Setia dalam untung dan malam, di waktu siang dan malam hari. Yesus dengan tegas menolak perceraian sebab perkawianan bukan transaksi. Perkawinan itu luhur dan sakramen.

Pada Bacaan Injil hari ini juga Yesus mengajak kita untuk mengenang dan mengingat kembali komitmen-komitmen yang telah kita sepakati baik secara pribadi maupun bersama orang lain.


Seperti komitmen mengisi waktu luang dengan melakukan aktivitas atau pekerjaan yang produktif, komitmen mengembangkan usaha untuk memenuhi kebutuhan keluarga, komitmen membantu orang-orang yang kurang beruntung sebagai ungkapan rasa syukur atas berkat Tuhan dan lain sebagainya.

Perlu diingat bahwa Yesus tidak menjanjikan bahwa menjalankan komitmen bukan tanpa masalah, pastinya selalu saja ada aral melintang.


Doa Renungan Katolik Hari Ini Jumat 12 Agustus 2022 (Komitmen Untuk Setia)


Tuhan Yesus, Engkau telah membabtis kami dengan Roh-Mu, ajarilah kami untuk selalu setia terhadap panggilan kami masing-masing terutama setia kepada-Mu, Amin.

Demikian Bacaan Injil dan Renungan Katolik Hari Ini Jumat 12 Agustus 2022 (Komitmen Untuk Setia). Kiranya kita senantiasa selalu setia dalam menjalani panggilan kita terutama kepada Tuhan. Semoga***